ANALISIS VISUAL DAN NARATIF IKLAN MARJAN 2025: STUDI PENDEKATAN AUDIENCE-CENTERED DESIGN

Authors

  • risma amelia universitas aisyiyah bandung

DOI:

https://doi.org/10.37505/aksa.v9i1.196

Keywords:

Visual Storytelling, Audience-Centered Design, Advertising, Visual Communication, Advertising Narrative

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi visual dan naratif iklan Marjan 2025 dengan pendekatan desain berpusat pada audiens (audience-centered design). Dalam konteks budaya Ramadan di Indonesia, iklan dianggap efektif bila mampu menyesuaikan pesan dan estetika dengan nilai serta preferensi audiens. Metode penelitian menggunakan analisis isi kualitatif terhadap elemen visual (sinematografi, warna, simbol) dan naratif (alur, karakter, pesan moral), serta survei terhadap 60 responden lintas generasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Marjan membangun resonansi emosional melalui visual storytelling dan simbol budaya, dengan narasi epik yang relevan secara emosional. Strategi yang digunakan memperkuat keterikatan merek dan meningkatkan kesesuaian pesan dengan karakteristik audiens Indonesia

Downloads

Published

2025-11-24